Home Page

Minggu, 20 Maret 2016

Beauty tips : Cara Paling Cepat,Mudah, dan Murah Mencuci Kuas Makeup

Adakah di antara kalian yang suka banget bermakeup, tapi males dan ogah-ogahan  sama yang namanya rutinitas nyuci brush? *tunjuk tangan*. Jujur saya itu termasuk pemalas banget-banget sama yang namanya kegiatan nyuci kuas, padahal kuas yang bersih itu wajib banget kalo mau dipakai bermakeup. Kuas yang kotor dan jarang dicuci itu pasti jadi rumah buat bakteri dan kuman, belum lagi kalo kita nyimpennya di tempat terbuka, bakal campur dengan debu-debu. Kalo nyimpennya di tempat tertutup, pasti jadi tempat potensial juga buat jamur tumbuh. Bayangin aja kalo brush-brush kotor itu dipake buat kita makeup, big no banget kan, Jerawat pasti rajin muncul di wajah cuma gara-gara memakai kuas kotor tadi. 

Dulu sebelum nemu cara praktis ini, saya itu belum tentu sampai 3 minggu nyuci kuas-kuas makeup,haha..jangan ditiru. Soalnya kalo mau nyuci kuas itu ribet banget, mesti nyiapin air hangat di mangkok, brush cleanser, towel, dan harus ganti bolak-balik itu air yang di mangkok sampe kuas-kuasnya bener-bener bersih. Belum lagi ngucek *eh?* bulu-bulu kuasnya sampe bener-bener bersih, bikin boros brush cleanser banget. Setelah nyuci juga harus, beres-beresin meja yang kecipratan air, nyuci mangkok tadi juga, pokoknya ribet banget deh. Sudah nyobain juga bersihin kuas  pakai brush cleanser yang di semprot dari botol sparay gitu, emang cepet sih, tapi boros cleanser banget, dan harga brush cleanser yang di spray itu lumayan mahal. Sampai akhirnya enggak sengaja saya nemu cara ini di youtube, waktu cari tutorial nyuci air puff-nya cushion yang sulit dibersihin itu. Ini cara nyuci kuas yang paling praktis, cepat, dan murah yang pernah saya coba, benda yang dibutuhin cuma ini:

Yup, bar soap alias sabun batangan. Kalian boleh pakai bar soap apa aja, hasilnya sama aja. Kalo saya sih prefer yang ada anti bakteri/kumannya gitu. Enggak perlu lagi, mangkok, air hangat, towel, dll. Cukup bar soap dan air tentunya ya. Airnya yang mengalir ya, jadi nyucinya langsung di wastafel gitu, Berikut step-stepnya:

1. Basahin bar soap dengan air yang mengalir (di wastafel) 

2. Gosok-gosokin kuas,spons, atau air puff kalian di atas bar soap tadi. Air masih harus mengalir ya, tapi kecil aja airnya.

3. Setelah digosok-gosok bentar di atas sabun, kalian bakal lihat itu kotoran, sisa-sisa foundie, bedak, blush yang ada di kuas bakal luruh. Jangan lupa diperas, dan digosok-gosok lagi di atas sabun (diulang prosesnya) sampai busa dan kuasnya bersih dan putih. Proses bikin bersih ini cepet banget, satu brush enggak sampai 1 menit udah kinclong kalo digosok-gosok diatas bar soap tadi.
4. Setelah selesai, tinggal dikeringkan diatas tissue yang ditumpuk. Selesai deh, tinggal tunggu kering aja.

selesai deh,

Kalian yang belum pernah coba cara ini, coba deh.. dan rasain cepet dan praktisnya nyuci brush. Sekarang sih saya hampir tiap minggu enggak pernah absen nyuci kuas, karena emang cepet, praktis dan hemat banget enggak perlu beli-beli brush cleanser sampai puluhan ribu . Harga bar soap 2500-10.000 rupiah saja  dan bisa dipakai untuk beberapa kali nyuci kuas, tergantung kalian pilih merk bar soap apa. Oh iya, plus-nya lagi sama cara ini adalah, karena kita enggak perlu rendam-rendam kuas di air hangat, jadi meminimalisir kemungkinan gagang kuas lem-nya copot, karena keseringan direndam air hangat. 

Makasih sudah mampir sini,
have a nice day.
xoxo

7 komentar:

  1. Astaga cepet amat 1menit udah slese. Itu udah sekalian sama bilasnya mba? Biasanya kan banyak busanya tuh kalo pake sabun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan airnya mengakir terus say,jadi sambil gosok, busanya juga ilang

      Hapus
  2. hahaha sama mba ak jg pke cr ini :D

    BalasHapus
  3. Mbag rani brushnya kalau pakek sabun bar gitu apa gak jadi kaku gitu atau keras? Biasa nya pkk sampoo baby ma minyak zaitun gitu soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak kaku koo, biasa aja..sama aja dengan dicuci pake brush cleanser atau shampoo

      Hapus
  4. Iyes, mb rani cara ini praktis, g ribettttt,

    BalasHapus