Home Page

Minggu, 25 Januari 2015

Makeup Tips :Long Lasting Foundation Routine for Super Oily Skin

Hello my beauty readers,
 Akhirnya saya bikin tulisan ini juga, setelah sekian lama saya janji-janji sama beberapa readers. Hari ini saya mau ngasih  step by step long lasting foundation routine ala saya nih, yang mungkin bisa jadi masukan buat kalian, khususnya yang punya jenis kulit wajah berminyak atau sangat berminyak seperti kulit wajah saya. Ada yang udah hampir putus asa karena makeup gak mau tahan di muka kalian? mungkin yang saya sebutin di bawah ini bisa jadi referensi buat kalian.

Sebelum saya bagi step by step nya, saya mau berkeluh kesah sedikit ya.. haha. Dari remaja, saya memang punya wajah yang sangat berminyak. Wajah saya seperti kalian semua tahu kan, punya banyak banget acne scars dan gigan pores, jadi memakai makeup sehari- hari itu jadi suatu keharusan buat nutupin kekurangan wajah saya. Kalo kalian sudah punya wajah yang mulus, dan cuman perlu pakai bedak tabur sehari-hari supaya wajah kelihatan fresh, beruntunglah kalian.. haha, jadi gak perlu ribet-ribet nutupin kekurangan sana-sini. 

Beberapa tahun lalu sebelum saya menjelajah dunia perlenongan..eiitsss,haha, saya sering dibuat stres ama ketahanan makeup di wajah saya, belum ada 2 jam wajah udah menggelap dan berkilau di sana sini, 3 jam makeup udah mulai bolong-bolong di hidung, dahi , dagu, dan dalam 4 jam minyak wajah saya udah sukses nelen makeup saya. Jadi dalam 4 jam saja saya udah gak kelihatan seperti orang dandan, yang ada malah kucel gak karu-karuan. Mungkin kalian juga ada yag ngalamin? Maklum juga, waktu itu peralatan makeup saya juga masih brand ala kadarnya yang jaman dulu masih belum ada yang bagus untuk urusan complexion atau base makeup. Andalan saya waktu itu adalah dengan pakai es batu yang di tempel sebelum saya aplly makeup

Petualangan saya dengan makeup dimulai setelah saya bersahabat dengan om Google si jendela dunia, wkwkwkwk.. saya jadi sering browsing-browsing, cari info produk dan tips-tips makeup, dan akhirnya  nemu forum yang kece banget buat cari info tentang makeup. Karena saya dapet banyak info, otomatis saya juga jadi banyak belanja berbagai macem produk makeup dan pendukungnya , trial and error cari adonan yang bikin makeup lebih tahan lama di wajah saya. Gak kehitung banyaknya foundation, face primer, loose powder, setting powder yang pernah saya coba. Dan akhirnya saya sudah nemu kombinasi andalan yang bener-bener bisa tahan lama seharian di muka saya. 

Step by step yang mau saya sebutin di bawah ini makeup routine saya kalo lagi butuh makeup yang tahan seharian, mau berpanas-panasan, berkeringat-keringat, tapi gak punya kesempatan buat touch up. Misalnya kalo saya lagi nemenin hubby yang lagi mau manggung, itu di venue atau backstage kadang panasnya gak ketulungan, Terus pas lebaran kemaren yang perlu keliling-keliling kesana kemari di bawah panas matahari yang aduhai,  itu makeup bisa meleleh dalam sekejap kalo saya salah pakai adonan makeup. Tapi adonan di bawah ini sukses bikin makeup saya tetep oke sampe sore ( sampe malem malah ).

Tapi sebelumnya saya minta maaf kalo beberapa benda yang saya sebutin di bawah ini mungkin termasuk range harga yang cukup mahal buat beberapa dari kalian ( buat saya juga sebenernya, hiks). Saya gak bermaksud buat pamer makeup mahal, kalian tau kan kalo saya ini bukan penggemar produk mahal kalo bukan yang bener-bener worth to buy. Saya bisa dan biasa pakai listick seharga 10 ribuan, atau eyeshadow 30rb an, tapi saya gak bisa kalo gak ada benda-benda di bawah ini, yang lumayan bikin kantong saya jebol kalo repurchase. hihi.  Jadi di postingan ini bisa dibilang versi splurge nya, Tapi percaya saya deh, mereka semua worth to buy, kalian gak akan nyesel sama performa yang diberikan buat bikin wajah bebas minyak, makeup gak oxidize (menggelap) dan tahan lama. Nanti deh saya juga akan bikin versi hemat nya, yang barang-barang nya lebih terjangkau, walopun performa nya memang gak sedahsyat versi splurge nya.. haha. Baiklah kalo begitu kita mulai saja yak.. yak.. intronya udah kepanjangan itu..


Products used :

-Skindinavia No More Shine Setting Spray. Satu kata buat produk ini, amaaaaziiiing. Dari pertama kali coba saya langsung jatuh cinta, produk ini merupakan salah satu lompatan besar di dalam makeup routine saya. Segalanya berubah sejak pakai si skindi ini ( weeits lebay.. haha), gak ada lagi blotting sering-sering, gak ada lagi makeup bolong-bolong, dan makeup bener-bener tahan lama kalo saya pakai ini. ah pokoknya saya gak bisa kalo gak ada si skindi ini, saya udah repurchase botol yang kesekian. Harganya memang cukup mahal, kalo di online shop Indonesia, botol 4oz biasanya di jual 400-450 rb an, tapi gak ada setting spray lain yang performa nya bisa sebanding sama si skindi ini. Saya lebih pilih splurge buat skindi ini di makeup routine saya, daripada harus beli foundie high-end.



-The Face Shop My Lovely Ex Makeup Base Violet . Base ini termasuk murah meriah, tapi performanya buat oil control menurut saya paling oke daripada beberapa makeup base. primer lain yang lebih mahal. Memang base ini gak ada efek blur nya ke wajah, tapi base ini bagus banget buat bikin makeup gak oxidize (menggelap) dan terlihat lebih cerah.

 -Loose powder or pressed powder yang memiliki coverage medium-full. kalo saya sih pakai Cargo blu Ray, atau MUFE duo matt, tapi kalo yang ini bisa terserah apa aja punya kalian.

 -MAC blot Powder . kalian bisa lihat info produknya di sini. Nah ini salah satu yang wajib juga, the best setting powder ever buat kulit kilang minyak, juara buat bikin matte juga, dan selalu saya bawa di pouch buat touch-up. sebenernya pakai skindinavia  aja atau MAC blot aja, performanya sudah cukup bagus, tapi kalo dua-duanya di pakai juga, hasilnya lebih nendang.. haha.

 -Ultima II Wonderwear/ Covergirl outlast stay 3 in1 Fabolous Foundation/ Revlon Colorstay for Combi Oily Skin.  Untuk foundation yang lasting power-nya bagus, kalian bisa pilih salah satu dari 3 ini. Harganya cukup terjangkau juga, ketiganya punya staying power yang mirip-mirip, sangat tahan lama di wajah. tergantung kalian sih suka tekstur nya yang mana, yang paling ringan dari ketiganya itu adalah Covergirl outlast stay.
 


-NARS/ TheBalm/ Benefit blush.. Kalian bisa pilih salah satu dari ketiga merk itu. Dari banyak merk blush-on yang pernah saya coba,  merk-merk  itulah yang menurut saya staying powernya paling oke buat super oily skin seperti wajah saya.. Jadi kalo kalian kepingin splurge buat merk blush-on yang tahan lama, kalian biasa coba salah satu dari mereka.



Step by step:
  • Prep the skin with any oil free moisturizer, ini harus dan wajib, jadi kadang beberapa orang salah sangka, karena muka nya berminyak, dia malah skip pelembab buat muka, padahal semakin muka kita gak lembab, dia akan semakin banyak produksi minyak. Kalo saya suka nya pakai nya dengan cara ditampar-tampar, supaya pelembab nya lebih meresap.
  • Sunblock, ini juga harus kalo kalian makeup nya pagi atau siang hari, kalo saya sih sukanya pake acnes uv tint.
  • Setelah pelembab dan sunblock meresap, saya spray wajah dengan skindinavia no more shine. terus tunggu kering kira-kira 1 menit sebelum step berikutnya. 
  • setelah itu applikasikan TFS my lovely me ex base tipis-tipis, ingat ya tipis-tipis, setipis dan serata mungkin kalo kalian gak mau makeup nya jadi berat dan cakey.
  • saatnya apply foundation, aplikasikan tipis-tipis juga sampai merata.
  • set dengan loose powder/ atau bedak  untuk nambah coverage, kalo foundie-foundie di atas menurut kalian sudah cukup coverage-nya, kalian bisa skip bagian ini, biar gak tebel-tebel amat makeup nya.. haha.
  • aplikasikan blush-on
  • Spray lagi dengan skindinavia, dan tunggu 1 menit sampai benar-benar kering.
  • Terakhir, aplikasikan MAC blot powder tipis-tipis dengan powder brush, atau dengan puff nya dengan cara di tekan-tekan (jangan di usap, supaya hasilnya gak cakey).

 Ini price list produk yang saya sebut di atas, tergantung kalian beli di olshop mana, dan lagi diskon atau enggak, haha :
  • Skindinavia no more shine makeup finish : sekitar idr450-500rb for 4oz , harganya jadi lumayan mahal karena skindinavia ini berat, jadi olshop sini biasanya ngasih harga yang jauh lebih mahal dari harga USD di web karena beratnya itu.
  • The Face Shop My Lovely Ex Makeup Base Violet, idr 65- 80rb 
  •  MAC blot Powder , idr 390-450rb
  •  Ultima II Wonderwear Foundation, Idr 179rb
  • Covergirl outlast stay 3 in1 Fabolous Foundation Idr 160-200rb
  • Revlon Colorstay for Combi Oily Skin, di konter indo 126rb, kalo PO sekitar 200rb an
  • NARS powder blush , idr 400-450rb
  •  TheBalm Idr 200-350rb
  • Benefit box powder Idr 350-450rb

Kalau di antara kalian ada yang nanya beli produk-produk diatas itu dimana, silahkan baca post saya di sini ya 
Nah itu dia, step by step long lasting foundation routine saya, memang ribet banget ya.. makanya saya gak aplikasikan setiap hari, kalo lagi ada acara khusus aja. Saya jamin itu staying power dan oil control-nya oke bangeeet. Buat kalian yang punya kulit tambang minyak dan sudah mencoba berbagai macam foundation, bedak, dll, tapi belum nemu hasil yang maksimal, boleh dicoba long lasting foundation routine versi saya ini, hihi. Nanti saya bikin daily foundation routine saya juga yang lebih hemat, tapi tetep oke buat oily skin, yang gak semahal versi ini.

Makasih udah mampir sini,
Have a nice day
xoxo



32 komentar:

  1. hai sis, salam kenal :)) kalo nyx yang matte finish setting spray udah nyobain belum? skindinavia emang bagus reviewnya dimana2 tapi harganya itu nggak nguati, >.<
    kulit wajahku juga kayak kamu lho. acne prone+berminyak+pori besar lengkap deh penderitaannya T.T jd artikel ini berguna banget tips nya thankyouuu :D aku follow juga lho hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah pernah NYX nya, tapi ya gak sebanding performanya sama skindi, biasa aja.. malah kalo di aku yang super oily ini gak begitu ada efeknye, hehe.. makasih udah mampir sini

      Hapus
    2. nahh skindi nyaa belieee dimanaa loooo

      Hapus
    3. coba ke preorderbymimo.com , aku biasanya beli d sana mbakyuu...

      Hapus
  2. makasih sharenyaa...sangat membantu sekali :))))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga udah mampir sini... :)

      Hapus
  3. Aku baru aja mau nyoba ultima buat makeupin wisuda temen-temenku, eh malah lihat revlon ternyata oil controlnya sebanding ya sama ultima...ngacir yang lebih murah :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tapi coverage jauh ultima looh, kalo buat wisuda bagus ultima deh kayaknya, soalnya kan kelihatan lebih `dandan` .. hehe

      Hapus
    2. Sis..mau tny,klo dari segi matte nya,lbh ok mana antara foundation covergirl atau ultima? Thx infonya..

      Hapus
  4. Tipsnya berguna bangett,,mau nyobaa.

    BalasHapus
  5. Aku juga punya kulit super oily, malah acne prone, sensitive, big pores juga *plak *complicated
    Kalo ada acara tertentu juga pengen make up yg long last, at least 5 jam deh.
    Tapi ini harganya nguras kantong >,<
    Ditunggu versi hematnya yaaa :D

    BalasHapus
  6. Ka kalo berminyak dan acne prone bisa ga ka, balas ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa say, kulitku juga acne prone banget

      Hapus
  7. googling tentang make up yang longlasting buat kulit berminyak dan nemu blog ini berguna banget buat aku yang awam soal makeup hehe patut dicoba tapi kalo bisa yang versi hematnya segera dipost yaaaa biar aku bisa coba hehe makasih mbak infonya berguna banget

    BalasHapus
  8. berguna banget tipsnya makasih banyak mbak :) ditunggu postingan yang versi hematnya yah hehe salam kenal :D

    BalasHapus
  9. makasih banyak infonya berguna banget mbak :) salam kenal ya hehe ditunggu postingan daily routine foundation yg lebih hemat yah hehe

    BalasHapus
  10. Mba aku mau tanya, beli makeup base TFS dimana yah? Lokasi aku di jogja

    BalasHapus
  11. Mbaa aku mau tanya itu my lovely ex make up base nya beli dimana yah? Lokasi aku di jogja. Mksh mba sblmnya atas jwbnnya

    BalasHapus
  12. Thanks untuk postingannya mbak, berguna sekali buatku yang berkulit tambang minyak ini. Mesti coba banget itu fondie covergirl nya sama blot mac nya juga aak aku kalaaap 😩😩

    BalasHapus
  13. Makasih banyak mbak untuk postingannya, bermaanfaat sekali untuk aku yg berkulit tambang minyak ini.. Bikin kalap pengen cobak fondie covergirl dan blot powder mac aaak aku kalap 😩😩

    BalasHapus
  14. Halo Mbak, salam kenal ya..postingannya bermanfaat bgt..oiya ultima sama covergirlnya Mbak pakai shade berapa ya? Aku lg pengen nyoba covergirl cuma maju mundur bingung pilih shadenya..

    BalasHapus
  15. Halo salam kenal Mbak, thanks banget postingannya..oiya foundie ultima sama covergirlnya Mbak pakai shade brp ya? Aku pengen nyoba yg covergirl cuma masih maju mundur sama shadenya..

    BalasHapus
  16. Halo Mbak, salam kenal ya..postingannya bermanfaat bgt..oiya ultima sama covergirlnya Mbak pakai shade berapa ya? Aku lg pengen nyoba covergirl cuma maju mundur bingung pilih shadenya..

    BalasHapus
  17. Mba tanya dong.buta skali make up. Bedak padat yg bs di gunakan tanpa foundi, for oil control dan coverage nya bagus apa yaa? Mac boleh / brand apapun blh mba... Saran nya yaa ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau dDpake tanpa foundie, bisa cobain makeup for ever duo matt

      Hapus
  18. Ultima pake shade apa mba? Kl diliat2 skintone kulitku mirip kayak mba. Dulu aku beli shade no 7 tapi terlalu ngepink di aku.

    BalasHapus
  19. Yang ga bkin white cast yg mna ya? Covergirl atau revlon? Makasih :D

    BalasHapus
  20. kak, boleh tau gak.. biasanya beli mac blot dimana? kok kyknya susah ya carinya :(

    BalasHapus
  21. kak, boleh tau gak biasanya beli mac blot dimana ya kak? krna aku cariny kok kayaknya susah yah :(

    BalasHapus
  22. Mac blot powder beli nya dimana ya kak? Thanks before

    BalasHapus