Home Page

Saturday, August 16, 2014

Product Review : Simply Stay by Mustika Ratu + Step by step for everyday makeup

Hello para beauty readers,
Hari ini saya mau bicara tentang seri basic makeup terbaru dari brand kosmetik asli Indonesia yaitu Mustika Ratu. Bagi kalian yang tinggal di Indonesia, pasti sudah tidak asing ya dengan Brand Mustika Ratu.  Produk-produknya yang terkenal alami dan cocok dengan kulit wanita indonesia yang tinggal di iklim tropis, membuat Mustika Ratu ini menjadi salah satu merk kosmetik unggulan di Indonesia.

Beberapa waktu lalu Mustika Ratu meluncurkan seri basic makeup terbarunya, yaitu Simply Stay.  Simply Stay ditujukan untuk wanita yang aktif, simple dan selalu ingin tampil cantik setiap saat. Formula dan kandungan bahan alaminya aman digunakan dan disesuaikan untuk wanita Indonesia dan mampu mempertahankan riasan selama 8 jam. Dengan slogan soft, moist, long last ( lembut, lembab, Tahan Lama ). Simply stay ini hadir dengan klaim keunggulan :
  • With Curcuma Heynean Root Extract sebagai natural skin conditioning untuk melembabkan, menghaluskan & mencerahkan kulit.
  • With Tocopheryl Acetat (Vitamin E) sebagai anti oksidan alami.
  • Kandungan Octyl Methoxycinnamate sebagai UV filter alami untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari (UVB)
  • Tekstur lembut sehingga mudah menyerap di kulit
  • Mudah diaplikasikan
  • Tahan lama sampai 12 jam
  • Bersertifikasi halal.

Beberapa hari lalu, saya menerima paket sample Mustika Ratu seri Simply Stay untuk dicoba dan direview.

Paketnya dari box berwarna silver abu-abu yang ukurannya cukup besar. Warna ini senada dengan warna kemasan produk Simply Stay yang didominasi warna silver dan abu-abu. Dengan foto Elvira Devinamira (Puteri Indonesia 2014) sebagai modelnya. Varian produk dari seri basic makeup Simply Stay ini yang terdiri dari :
  • Moisturizer/Pelembab
  • Liquid Foundation
  • Stick Foundation
  • Loose PowderTwo way cake.
Saya sedikit terkejut sih waktu membuka paketnya, saya pikir isinya hanya satu atau dua produk untuk di review, ternyata di dalam paket ada banyak isi dalam ukuran sample size, ini isinya :
  • 2 jenis Moisturizer (untuk normal to oily, dan untuk normal to dry)
  • 4 shade Liquid Foundation
  • 4 shade Stick foundation
  • 4  shade two way cake
 Jadi dari semua produk yang ada di seri Simply Stay, hampir semua jenis produknya bisa saya coba karena sudah termasuk di dalam paket, kecuali loose powdernya. Asiik donk bisa coba banyak varian dari Seri Simply stay ini.

Setelah mencoba selama beberapa hari, saya baru menulis review nya. Ini review saya tentang produk Simply Stay dari Mustika Ratu.

Pilihan warna:

Liquid Foundation, stick foundation, dan twc dari Simply Stay ini memiliki  4 pilihan warna yaitu :
  • Pearly White, dari keempat shade yang ada, shade ini yang memiliki undertone neutral, tidak terlalu kuning seperti shade lainnya. Walaupun nama shadenya `pearly white`,  tapi ketika di oles  shade ini tidak seterang yang ada dibayangan saya, cocok untuk wanita yang mempunyai skintone wajah light to medium.
  •     Smoothie Yellow. Dari namanya sudah saya bayangkan kalau shade ini pasti berwarna kuning, dan memang setelah saya oles,shade ini sangat kentara tone kuningnya, tingkat keterangannya medium, dan bisa di pakai kulit wajah dengan skintone light to medium,
  •     Caramel latte. Shade ini juga termasuk dalam range warna gelap, warna nya cenderung ke orange, cocok untuk yang berkulit sawo matang
  •     Sweet Coco. Shade ini paling gelap di antara keempatnya, shade ini cocok untuk dipakai oleh wanita yang berkulit gelap, tapi untuk yang berkulit light to medium, bisa menggunakan shade ini untuk conturing wajah. 

1. Moisturizer

     Moisturizer atau pelembab dari seri Simply Stay ini terdiri dari dua jenis, untuk kulit normal to oily (berminyak) dan untuk kulit normal to dry (kering). Keduanya kalau di oles sekilas terlihat memiliki formula yang sama, krimnya berwarna putih susu, dengan tekstur yang kental dan aroma bunga yang cukup tercium.
    Bedanya dari kedua pelembab ini baru terasa setelah di ratakan, pelembab yang untuk kulit normal to dry terasa lebih lembab dan mudah  menyerap dibandingkan pelembab yang untuk kulit normal to oily.

Pendapat saya :
Karena jenis kulit saya berminyak, saya mencoba untuk memakai pelembab dengan jenis normal to oily sebagai base makeup.
Sebenarnya Wajah saya yang sangat berminyak ini membuat saya tidak bisa sembarangan pakai pelembab, karena biasanya kalau saya salah pakai pelembab, makeup menjadi cepat sekali menggelap. 
Tapi ternyata moisturizer Simply Stay ini selain cukup melembabkan dan tidak membuat wajah saya semakin berminyak, pelembab ini juga tidak membuat makeup saya oxidize (menggelap). Sayangnya pelembab ini memiliki tekstur yang sulit menyerap, jadi saya perlu waktu yang cukup lama untuk menunggu sampai pelembabnya benar-benar kering sebelum memakai foundation.
Selain itu, karena hidung saya yang sensitif dengan aroma kosmetik, aroma pelembab simply Stay ini menurut saya sedikit menyengat, tapi untuk kalian yang tidak sensitif terhadap aroma kosmetik, menurut saya sih bukan masalah ya.

2 Liquid foundation
 Swatch:

  •     Teksturnya termasuk cukup kental untuk jenis liquid foundation. Tidak terlalu cair ataupun terlalu kental, mudah dibaurkan namun tetap terasa ringan di wajah.
  •     Sama seperti moisturizernya, liquid foundation ini juga mempunyai aroma semacam bunga-bungaan yang cukup tercium saat pertama kali di pakai.
  •     Hasil akhirnya dewy, jadi untuk yang menyukai matte finish, harus di setting dengan two way cake atau loose powder.
  •     Coveragenya medium, namun buildable. Karena teksturnya sangat ringan, saya bisa melayer foundation ini di bagian wajah yang perlu di tutupi tanpa terlihat cakey.
  •     Lasting power foundation ini menurut saya cukup bagus di wajah saya yang sangat berminyak ini. Bisa bertahan sekitar 5-6 jam. Durasi 5-6 jam di wajah oily saya itu sudah termasuk bagus untuk pemakaian foundation tanpa primer, karena biasanya foundation hanya bertahan 3 jam sebelum menghilang di telan minyak wajah saya. Mungkin kalau saya memakai primer dulu sebelum mengaplikasikan foundation, hasilnya bisa lebih tahan lama.
  •     Oil controlnya standart, dalam 3 jam saya harus  blotting di daerah hidung dahi dan dagu.
Pendapat saya :
Liquid foundation Simply Stay ini cukup membuat saya terkesan, pertama saya suka teksturnya yang ringan dan mudah dibaurkan, kemudian coverage-nya yang cukup mampu menutupi kekurangan di wajah saya. Sayangnya pilihan warnanya menurut saya terlalu terbatas. Untuk kulit wajah saya, harus mencampur shade pearly white dan smoothie yellow supaya hasilnya pas di wajah. Shade smootie yellow terlalu kuning kalau di pakai sendiri,  jadi saya campur dengan shade pearly white, supaya tidak terlalu kuning.
Untuk staying power dan oil controlnya juga cukup bagus, pemakaian 5-6 jam masih terlihat bagus. Foundation ini di wajah saya juga tidak oxidize atau menggelap. Mungkin untuk kulit normal dan kering, foundation ini bisa bertahan sampai 8-12 jam seperti klaimnya.

3. Stick foundation
Swatch:

  •     Teksturnya cukup padat dan solid, tidak creamy, namun terasa ringan dan mudah dibaurkan.
  •     Coverage-nya sheer to medium
Pendapat saya:
Saya lebih memfungsikan  stick foundation ini sebagai concealer, corrector dan contouring krim karena teksturnya yang padat dan solid. Saya lebih suka dengan liquid foundation untuk seluruh area wajah, dan menggunakan stick foundation ini di area tertentu. Saya mencoba stick foundation shade pearly white untuk menutupi noda-noda di wajah, smoothie yellow untuk area di bawah mata, dan sweet coco untuk contouring tulang hidung.
Walaupun di aplikasikan di atas liquid foundation, stick foundation ini bisa menempel dengan baik, tidak terlihat cakey, dan masih terasa ringan di wajah. Sayang coverage-nya menurut saya kurang maksimal untuk menutupi noda-noda bekas jerawat ataupun dark spots. saya lebih memilih untuk me-layer liquid foundation untuk menutupi noda di wajah. Tapi untuk area bawah mata dan contouring, performa stick foundation ini cukup bagus.

4. Two Way Cake
Swatch:


  • Teksturnya halus tapi cukup powdery. Namun untuk shade caramel latte dan sweet coco terasa lebih creamy dibanding 2 shade lainnya.
  • Mudah dibaurkan dengan hasil akhir yang rata dan tidak cakey
  • Coverage-nya sheer
  • Two way cake ini, warna nya setingkat lebih terang daripada liquid foundation maupun stick foundation nya, jadi pas untuk dipakai sebagai setting powder.

Pendapat saya :
Saya lebih suka menggunakan two way cake ini di atas foundation daripada dipakai sendiri. Coverage-nya yang sheer, kurang mampu menutupi kekurangan wajah saya kalau dipakai tanpa foundation terlebih dahulu. Saya suka finishnya yang matte. Walaupun terasa kering dan powdery, tapi two way cake ini cukup bisa menempel dengan baik di atas liquid foundation. Makeup tetap terasa ringan tetap dan tidak cakey.


dan ini step by step everyday makeup saya, yang kali ini menggunakan basic makeup Simply Stay:
  1. Bare Face, aplikasikan dulu pelembab Simply Stay untuk kulit berminyak. Tunggu sampai benar-benar meresap sebelum memakai foundation
  2. Mengaplikasikan liquid foundation, saya mencampur liquid foundation simply stay shade smoothie yellow dan pearly white, supaya hasilnya tidak terlalu kuning di wajah saya.
  3. Saya mengaplikasikan stick foundation shade smoothie yellow di area bawah mata, lalu di baurkan sampai merata untuk menutupi dark circles, dan membuat wajah lebih cerah.
  4. Waktunya menggambar alis
  5. Untuk sehari-hari, tetap bisa memakai eyeshadow kok supaya mata terlihat lebih hidup tapi tidak terlihat menor. ( A. Untuk kelopak mata saya memakai warna eyeshadow light taupe keunguan, B. Untuk lipatan mata saya memakai eyeshadow warna dark taupe brown, C. Dan untuk tulang alis saya memakai warna matte beige supaya tetap terlihat natural)
  6. Setelah itu saya memakai eyeliner dan mascara. Makeup mata selesai.
  7. Kemudian saya mengaplikasikan two way cake shade smoothie yellow ke seluruh area wajah, tipis-tipis dengan powder brush.
  8. Two way cake shade sweet coco saya pakai untuk soft contouring tulang hidung, dan di tulang pipi saya memakai blush-on warna soft peach.
  9. Terakhir, saya memakai nude lipstick andalan saya. Taraaa, makeup pun selesai.


Overall, Seri makeup Simply Stay ini cukup memuaskan buat saya. Yang jadi poin utama dari makeup simply stay ini adalah teksturnya yang ringan, jadi pas untuk dipakai sebagai makeup sehari-hari. Mampu menutupi kekurangan wajah tanpa terlihat kita sedang memakai makeup berat. Staying powernya juga cukup bagus untuk makeup dengan tekstur seringan ini. Karena ini produk asli Indonesia, pasti mudah untuk ditemukan, dan asyiknya lagi harganya pun terjangkau.

  • Moisturizer Idr.15.000
  • Liquid Foundation Idr 20.000
  • Stick Foundation Idr 50.000
  • Two Way Cake Idr 75.000
  • Loose powder Idr 65.000

Tertarik buat coba? Favorit saya dari seri Simply Stay ini adalah liquid foundationnya, dan sepertinya saya mau beli full size liquid foundationnya yang shade smoothie yellow. Semoga sudah tersedia  seri Simply Stay ini di kota saya.


---


http://tag.ripre.com/campaign?guid=on&k=yGnlxN7Y81VW1HkTQvrqXm6T056Iviph&c=471799b33e3876cb3a68ca6414f36bd5

Acara ini diorganisir oleh B Blog Indonesia dan disponsori oleh Mustika Ratu

3 comments:

  1. wah keren bingits mbak, bikin ngiler... belinya harus satu paket ya mbak, soalnya aku cuma pengen foundationnya doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak say, kalo di konter MR di jual nya satuan kok..

      Delete
  2. sy pikir ada lipstiknya yg losng last

    ReplyDelete