Home Page

Kamis, 07 November 2013

Makeup Tips : 5 essential brushes - 5 jenis kuas makeup yang wajib dimiliki

Halo, seperti yang kalian baca di judul, kali ini saya mau ngomongin tentang kuas makeup. Kalau di antara kalian ada yang bertanya penting gak sih pakai kuas buat mengaplikasikan makeup?..hmm, kalo menurut saya kuas itu penting karena selain lebih mempermudah kita dalam mengaplikasikan makeup, hasil dari pengaplikasian makeup dengan menggunakan kuas lebih halus dan rapi daripada hanya dengan jari tangan, dan di post ini saya mau share ke kalian tentang  jenis kuas apa saja sih yang wajib dimiliki untuk mengaplikasikan makeup. Postingan ini request dari temen saya yang minta saran jenis kuas makeup apa yang harus dimiliki untuk pertama kali, karena pilihan kuas makeup itu sekarang banyak banget dan kadang beberapa orang masih awam dengan fungsi-fungsi nya. Jadi saya mencoba buat berbagi opini tentang jenis- jenis kuas makeup yang essential. Sebetulnya buat kita yang profesinya bukan Makeup Artis, kita gak harus punya semua jenis kuas kok, ada beberapa jenis kuas yang menurut saya sudah multi fungsi dan 5 jenis ini saja sudah cukup untuk dimiliki dan digunakan di seluruh bagian wajah..apa saja itu ?

1. Flat Top brush 
Bentuk kuas ini biasanya cukup besar, memiliki ujung rata, dengan jenis bulu yang banyak, padat dan cenderung melebar. Jadi ketika jenis kuas ini di letakkan ke wajah, semua ujung bulunya akan menempel ke wajah karena bentuknya yang rata.

fungsinya:
  • Untuk mengaplikasikan foundation. Menggunakan kuas jenis ini sangat  mempermudah kita untuk mengaplikasikan foundation, baik cair maupun cream. selain hasilnya lebih halus, kuas jenis ini juga mempersingkat waktu karena membuat foundation lebih cepat merata.
  •  Untuk mengaplikasikan bedak, baik bedak padat atau tabur.
  • Untuk mengaplikaskan concealer
tips :
  • Jika mengaplikasikan foundation cair dengan kuas ini sebaiknya jangan di tuang langsung ke atas kuas ya, karena kalau dengan cara ini, cairannya cenderung masuk ke dalam sela-sela dan bagian bawah kuas. Selain banyak yang terbuang, kuas menjadi lembab dan basah, dan kondisi lembab membuat bakteri gampang tumbuh. Jadi untuk mengaplikasikan foundation cair, tuang foundation terlebih dahulu ke punggung tangan, setelah itu baru di cocol dengan kuas , setelah itu baru di usapkan ke wajah
  • Cara mengaplikasikan foundation dan bedak yang praktis dengan kuas ini hanya di usap putar-putar biasa sampai seluruh foundation rata di wajah,
  • Namun jika kondisi pori-pori kulit kalian cenderung besar, cara aplikasinya baik untuk foundation maupun bedak adalah dengan di tap, atau di tekan-tekan sampe rata di seluruh wajah, jadi jangan di usap, tekhnik ini membantu untuk mengisi pori-pori, jadi hasilnya akan terlihat lebih halus.
Rekomendasi merk untuk jenis kuas ini:
source pict : dari webstore masing-masing
  • A. ELF studio powder brush. Harga kuas jenis ini yang termurah setahu saya dari merk ELF ini. Bulunya cukup halus dan padat, gagangnya juga nyaman di genggam. Harganya di web adalah $3, tapi biasanya kuas ELF studio di jual sekitar 60rb-80rb termasuk pajak dan shipping, dan bisa dibeli di online shop yang menyediakan jasa preorder makeup dari US.
  • B. SIGMA F80 - Flat Kabuki™. Buat kalian yang budget bukan masalah, bisa di coba flat top brush dari sigma ini. Kuas ini adalah favorit ratusan beauty blogger dan makeup guru di Youtube. Karena memang kuas sigma memiliki kualitas yang terkenal bagus, namun sayangnya harganya cukup mahal sekitar 200-250rb tergantung di online shop mana kalian membelinya, dan susah didapatkan karena biasanya harus melalui pre-order di online shop tertentu.
  • C. Masami shouko 319 FLAT TOP SYNTHETIC BRUSH . Rp.88.900 .Kalau kalian kesulitan mendapatkan jenis kuas dari merk diatas, kalian bisa mencoba merk masami shouko ini. selain kualitas nya bagus, bulunya halus, dengan harga yang cukup terjangkau menurut saya (masih di bawah 100rb), kuas masami ini juga mudah didapatkan karena banyak tersedia di departemen store atau kalian dapat membelinya langsung di webstore masami shouko.


2. Powder Blush Brush
Bentuk kuas ini cenderung mengembang dan melengkung, bulu-bulunya tidak sepadat jenis flat top. ukurannya bermacam-macam, tapi kalau saya lebih memilih ukuran medium karena menurut saya lebih multi fungsi.

fungsinya:
  • Untuk mengaplikasikan blush-on pada tulang pipi
  • Untuk mengaplikasikan bronzer di bawah tulang pipi, garis rambut, dan bawah dagu
  • Untuk mengaplikasikan highliter di atas tulang pipi dan tulang hidung.
  • Bisa juga untuk mengaplikasikan bedak tabur
tips :
  • Karena kuas jenis ini cenderung luas area jangkauannya, pipihkan kuas dengan tangan pada saat mengaplikasikan bronzer di bawah tulang pipi agar membuat efek contouring, dan tidak membuat bronzer yang di baurkan terlalu lebar areanya. Begitu juga ketika akan mengaplikasikan highliter pada tulang pipi.
Rekomendasi untuk merk ini :

  • A. SIGMA F10 - Powder/Blush
  •  B. Masami Shouko 108 POWDER/BLUSH BRUSH harga : Rp.108.900,00
  • C.Ini jenis kuas yang paling mudah di dapat, jika kalian pergi ke toko kosmetik pasti banyak menemukan jenis kuas ini dari merk-merk yang tidak populer, atau bahkan dari set-set kuas yang murah-murah itu..jadi tidak harus membeli merk khusus untuk jenis kuas ini, asalkan bulunya halus dan cukup padat sudah bisa di pakai sesuai fungsi kok.


3. Eyeshadow Brush

Ini salah satu jenis kuas untuk bagian mata yang menurut saya penting untuk dimiliki, bentuknya pipih,padat, dan melebar dengan ujung yang cenderung melengkung

fungsinya:
  • untuk mengaplikasikan eyeshadow di area kelopak mata
  • untuk mengaplikasikan highliter di area tulang mata/ bawah alis
  • bisa juga digunakan untuk mengaplikasikan concealer di bawah mata.
Rekomendasi untuk jenis kuas ini :


4. Eye blending brush
Kuas ini bentuk bulunya panjang dan melingkar, tidak pipih seperti eyeshadow brush. dan ujung bulunya cenderung rata, tidak melengkung.
fungsinya :
  • Untuk membaurkan eyeshadow agar terlihat lebih halus dan bergradasi. terutama untuk membaurkan 2 jenis warna eyeshadow di bagian lipatan mata (crease)
  • Untuk mengaplikasikan highlite di bawah tulang mata.

Rekomendasi untuk jenis kuas ini :


5. Angled Eye Brush
Bentuknya pipih, memanjang secara diagonal/ miring, biasanya bulunya tidak terlalu padat.
fungsinya :
  • Untuk mengaplikasikan eyeshadow di daerah lipatan mata/ crease
  • Untuk mengaplikasikan  eyeshadow di daerah ujung luar mata/ outer V
  • Untuk mengaplikasikan eyeshadow di bawah mata/ lower lash line, sehingga membentuk garis bawah mata yang rapi.
Rekomendasi merk untuk jenis kuas ini :



Nah,  5 jenis kuas diatas itu yang menurut saya wajib dimiliki  pertama kali untuk mengaplikasikan makeup, kuas-kuas di atas cukup mewakili untuk menghasilkan makeup yang halus dan rapi untuk sehari-hari. semoga postingan di atas bermanfaat dan informatif ya.. thanks udah baca dan have a nice day..

7 komentar:

  1. Definitely a useful post..thx buat tambahan ilmunya :-)

    parksuci.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. u`r welcome dear... makasih sudah mampir siniii

      Hapus
  2. Like this. Saya suka dg review brushnya. Bagi Pemula sprti saya dalam urusan make up sangat membantu.


    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga udah main ke sini... senang kalo post nya berguna :p

      Hapus
  3. sederhana, jelas dan lengkap ..thanks sharingnya :)

    BalasHapus
  4. Beli mashami shouko di malang ada ngga ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya mesti online deh mbak, hehe

      Hapus