Home Page

Friday, May 12, 2017

DIY BB Cushion

Oh hai semuanya,
Di postingan hari ini saya mau share ke kalian semua nih, tentang cara membuat BB cushion sendiri. Sebenarnya sih postingan begini sudah banyak banget ya yang bikin, dan kalian juga bisa lihat lewat video-video vlog di youtube. Tapi karena saya sedang excited banget untuk membuat DIY bb cushion, ya sekalian saya bikin postingannya di sini. Siapa tahu di antara kalian ada yang belum pernah tahu caranya.


Saya yakin kalian pasti sudah familiar ya dengan cushion. Mungkin kalau ada yang belum tahu, saya jelasin sedikit ya. cushion itu pada dasarnya adalah BB/CC cream atau foundation yang dikemas dalam bentuk compact. Lengkap dengan kaca dan aplikator berupa air puff yang khas untuk pengaplikasian bb/cc creamnya. Cushion sendiri artinya bantalan, karena memang yang khas dari cushion ini adalah bantalan yang ada di dalam kemasan sebagai filter dari bb/cream di bawahnya.

Formula dari cushion sendiri berbeda beda di setiap merk,dan ditujukan untuk kebutuhan kulit yang berbeda- beda pula.  Jadi yang jenis cushion yang beredar di pasaran memang banyak dan bermacam-macam,tapi semuanya dikemas di kemasan compact untuk lebih mempermudah pengaplikasian produk. Cara memakai cushion cukup praktis, kita tinggal tekan-tekan puff aplikatornya ke bantalan tadi. Otomatis bb/cc cream yang ada di wadah cushion menempel di puff tadi, lalu tinggal ditepuk-tepuk ke wajah kita saja puff-nya, dan hasilnya wajah seperti memakai bb/cc cream atau foundation pada umumnya.

Sebenarnya bb cushion ( terutama merk korea) termasuk salah satu item makeup favorit saya. Karena rata-rata bb cushion korea sudah mengandung sunscreen, moisturizer atau bahkan face primer. Jadi sangat praktis di gunakan tanpa perlu menambahkan belapis-lapis produk. Sayangnya dari beberapa bb cushion yang pernah saya coba, enggak ada satupun warnanya yang match di kulit saya. Padahal saya suka formulanya yang lengkap itu. 
Selain karena faktor warna yang tidak tersedia, Alasan kedua saya membuat DIY bb  cushion adalah faktor harga. Rata-rata bb cushion itu cuma punya isi setengah atau bahkan seperempat dari foundation biasa, tapi harganya cukup mahal. Jadi kurang ekonomis kalau menurut saya, apalagi saya ini tipe yang hampir setiap hari pakai makeup. Jadi pasti bb cushion yang isinya cuma sedikit tadi juga bakal cepat habis. 

Nah karena itu saya mutusin buat bikin DIY bb cushion sendiri. Supaya warnanya bisa match dengan skintone saya, plus juga lebih hemat karena saya pakai bahan-bahan yang ada di rumah. Jadi ini dia proses DIY bb cushionnya. 

Bahan yang dibutuhkan:




1. Cushion case. 
Tentunya ini yang wajib dipunya ya. Cushion case punya saya ini dari merk it's my cushion yang memang dijual untuk DIY cushion. Saya beli di shopee seharga 75rb rupiah. Kalian bisa pakai cushion case apa saja. Bisa dari cushion case bekas merk lain yang isinya sudah habis. Tapi kalau pakai cushion case bekas jangan lupa dicuci dulu ya case,refill,busa,dan spons nya sampai bersih.



2. Foundation/bb cream
Kalau ini kalian bebas bisa pakai apa saja yang sudah cocok dengan kulit wajah kalian, asal yang bentuknya liquid. Kalau saya pakai Milani conceal  & perfect foundation untuk supaya coveragenya bagus,dan Elf BB cream untuk memperingan tekstur foundation Milani.

3. Face primer
Kalau untuk saya, face primer ini wajib untuk menambah ketahanan dan oil control cushion.Karen wajah saya termasuk yang sangat berminyak, jadi kalau cushionnya tidak dicampur dengan primer,  pasti oil control dan staying powernya kurang. Kali ini primer yang saya pakai adalah  Black Radiance anti shine primer, dan Jordana mattifying primer. Karena kedua primer ini oil controlnya sangat bagus.

4.sunscreen
Ini juga wajib, karena perlindungan dari sinar matahari itu penting banget ya, enggak boleh ketinggalan walaupun kita maunya pakai produk yang praktis-praktis. Sunscreen yang saya pakai adalah acnes uv tint spf35+

5. Moisturizer/serum
Saya pakai serum dari Skinlab yang Red Serum. Serum ini ditambahkan di adonan selain berfungsi untuk mengencerkan tekstur foundation, juga untuk memberikan manfaat skincare di cushion kita. Salah satunya menambah kelembaban kulit.

6. Liquid Highlighter/luminizer (optional)
Kalau ini optional untuk kalian yang suka hasil cushion yang glowy, bisa ditambahkan liquid highlighter atau luminizer. Kalau saya memang suka hasil akhir yang matte, makanya saya skip menambahkan highlighter.

Peralatan yang dibutuhkan:



- Alkohol untuk disinfektan
- Cotton bud
- Sendok plastik (lupa enggak kefoto )
- Tissue kering  (lupa enggak kefoto )
- Wadah bersih untuk mencampur produk (lupa enggak kefoto )

Step by step:

1. Cuci tangan sampai bersih

2. Copot refill case dari case-nya, keluarkan bantalan/busa cushionnya, lalu disinfektan refill case dan  semua peralatan dengan alkohol

2. Di wadah yang telah didisinfektan, tuang bahan-bahan diatas. Perbandingannya kira-kira saja. Saya pakai perbandingan 2:1

 3. Aduk semua bahan yang telah dituang dalam wadah dengan cotton bud

4. Tes tekstur dan warna di tangan, kalau kurang encer bisa tambahkan serum.

5. Kalau sudah pas warna dan formulanya,  tuang bahan yang telah tercampur di mangkok tadi ke dalam refill case  sampai 1/3 bagian saja.

6. Letakan bantalan/busa cushion di dalam mangkok sisa bahan tadi, usap-usap hingga bahan terserap ke bantalan.

7. Masukan bantalan/busa cushion kembali ke dalam refill case yang sudah terisi tadi. Dan tekan2 sampai ada produk yg terserap ke atas, lap pinggiran refill.

8. Masukan kembali refill ke case cushion.
9. Cushion sudah siap untuk digunakan.

Bagaimana? Cukup mudah kan? Dan saya suka banget dengan hasil cushion ini. Full coverage, gampang dibaur, dan warnanya match dengan skintone saya. 

Kalian sudah pernah memcoba?jangan lupa comment di bawah ya..

Terimakasih sudah mampir sini,
Have a nice day.

9 comments:

  1. klo ak biasanya cm pake bbcream sma moisturizer aja sihh..lain kali tmbah sunscreen deh hihi

    torichux3.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo aku sih kadang suka males pake sunscreen sendiri..makanya d cmapur aja d sini biar praktis

      Delete
  2. Aku juga lebih suka buat cushion sendiri sampe sekarang selain lebih irit yang pasti aku bs milih produknya yang emang cocok buat kulitku.

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan warnanya juga enggak keputihen seperti kalau beli cushion ya mba..

      Delete
  3. Aku agak galau buat mencampur begini soalnya gatau campurannya yang pas. :(

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  4. Dari sini aku jadi paham cushion itu sebenarnya apa. :D
    Dan aku jadi pengen bikin sendiri. Cuma memang, aku nggak punya selengkap kamu untuk dicampur2. Aku biasanya cuma pakai UV Tint itu aja udah puas. Meski memang aku pengen coba BB atau CC. Yaaa harganya cukup mahal dan kulihat juga isinya sedikit sekali...

    ReplyDelete
  5. Ka rani aku mau.tanya beli primer nya dimana y ? Di IG gak ada yg jual

    ReplyDelete
  6. Ka rani aku mau.tanya beli primer nya dimana y ? Di IG gak ada yg jual

    ReplyDelete